Deskripsi Matakuliah :
Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang:
- Pengelolaan Audio
- Pengelolaan Gambar
- Pengelolaan Video
- Kompresi data dan Dekompresi Data
- Membuat Animasi
- Antarmuka pengguna dan multimedia
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi :
CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religious, serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika.
CPL10 : Kemampuan menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface, dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna, dan perkembangan ilmu transdisiplin.
CPL11 : Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-flatform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi.
CPL12 : Mampu merancang algoritma untuk network security dan sistem kendali, mengimplementasi program komputer untuk optimalisasi kinerja jaringan komunikasi organisasi, serta mendesain, mengembangkan, dan mensimulasikan
aplikasi teknologi multi-platform sesuai industri
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) :
CPMK001 : Mampu menjelaskan dasar-dasar multimedia, (CPL yang didukung : CPL10, CPL01)
CPMK002 : Mampu menjelaskan pengertian multimedia secara benar (CPL yang didukung : CPL10, CPL01)
CPMK003 : Mampu menunjukkan, menjelaskan dan menganalisis permasalahan dalam multimedia, (CPL yang didukung : CPL11, CPL12, CPL01)
CPMK004 : Mampu menerapkan teori dasar multimedia dan memahami arti penting multimedia, (CPL yang didukung : CPL11, CPL12, CPL01)
CPMK005 : Mampu menjelaskan dan memberikan solusi terkait masalah multimedia, (CPL yang didukung : CPL12, CPL01)
Pustaka Utama :
Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2014). Systems analysis and design. Pearson.
Suyanto, M. (2004). Analisis & desain aplikasi multimedia untuk pemasaran. Penerbit Andi.
Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. UNP PRESS
Pustaka Pendukung :
Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi
Darma, 1(1), 18-21.
Chabib, S., & Wahyu, P. (2013). Pembuatan Film Animasi Pendek “Dahsyatnya Sedekah” Berbasis Multimedia Menggunakan Teknik 2D
Hybrid Animation Dengan Pemanfaatan Graphic. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1(1), 387-398.
Software yang digunakan :
- Filmmora, 3D Max, Corel Draw, Photoshop, Adobe Audition, Wick Editor