Berikut ini adalah Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Teknik Informatika
No | Unsur | Kode CPL | Deskripsi CPL |
1 | SIKAP | CPL01 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius, serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika. |
2 | CPL02 | Berkontribusi meningkatkan mutu kehidupan berdasarkan Pancasila dan berperan sebagai warga negara yang bangga, cinta tanah air, serta bertanggung jawab. | |
3 | CPL03 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, dan temuan orisinal orang lain, serta bekerja sama dengan kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. | |
4 | CPL04 | Taat hukum, disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, menginternalisasi nilai, norma, etika akademik, serta menunjukkan tanggung jawab mandiri dalam bidang keahlian dengan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | |
5 | Keterampilan Umum | CPL05 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis sesuai dengan bidang keahliannya serta menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
6 | CPL06 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan nilai humaniora sesuai keahliannya, serta menyusun deskripsi saintifik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi. | |
7 | CPL07 | Mampu mengambil keputusan tepat berdasarkan analisis informasi dan data, memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat, serta bertanggungjawab atas hasil kerja kelompok, supervisi, evaluasi, dan mengelola pembelajaran secara mandiri. | |
8 | CPL08 | Mampu mendokumentasikan, mengamankan data untuk kesahihan, mencegah plagiasi, dan berkomunikasi secara efektif dalam konteks profesional. | |
9 | Keteranpilan Khusus | CPL09 | Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai. |
10 | CPL10 | Kemampuan menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin. | |
11 | CPL11 | Kemampuan mendesain, mengimplementasi dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi. | |
12 | CPL12 | Mampu merancang algoritma untuk Network Security dan Sistem Kendali, mengimplementasikan program komputer untuk optimalisasi kinerja jaringan komunikasi organisasi, serta mendesain, mengembangkan, dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform sesuai industri. | |
13 | Pengetahuan | CPL13 | Memiliki pengetahuan yang memadai terkait cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi. |
14 | CPL14 | Memiliki kompetensi untuk menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin | |
15 | CPL15 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat. |